Cara Pemeliharaan Lantai Kayu

Lantai keramik atau marmer mungkin sudah kerap kali kita dapatkan di rumah atau bangunan lainnya, tetapi tak dengan lantai kayu. Di Indonesia, penerapan lantai kayu atau parket masih jarang ditemukan. Sebaliknya, masyarakat Amerika, Jepang, dan Korea banyak memanfaatkan kayu dengan kwalitas nomor wahid untuk diaplikasikan sebagai lantai. Lantai kayu banyak digunakan di sana sebab coraknya yang alami sehingga memberikan kesan hangat namun tetap mewah dan elegan.

Dikala ini, pengusaha interior juga semakin gencar mempromosikan lantai kayu sebagai lantai alternatif yang betul-betul bagus. Selain karena tampilannya yang sungguh-sungguh cantik, lantai kayu juga dapat memegang suhu udara di dalam ruangan. Lantai kayu memberikan kesan adem saat hari sedang amat panas, dan sebaliknya, memberikan kesan hangat dikala suhu udara sedang menurun. Lantai kayu memang mempunyai beraneka ragam keunggulan, tapi satu hal yang tak dapat disampingkan ialah sifat alamiah kayu yang mudah keropos.

Meskipun kayu yang digunakan sebagai lantai yaitu kayu dengan kualitas terbaik, tapi kayu tetaplah kayu yang memiliki sifat gampang mengabsorpsi air. Kecuali tersebut membuat lantai kayu akan gampang mengalami pengeroposan. Terutamanya apabila perawatan yang diberikan tidak sesuai. Untuk menjaga keawetan lantai kayu agar konsisten terjaga, perlu dilaksanakan perawatan khusus. Salah satunya yakni membersihkannya secara teratur.
image

Debu dan kotoran yang melekat di lantai kayu dapat menyebabkan pelapukan pada kayu semakin kencang. decorindoperkasa.com , kita seharusnya rajin-rajin membersihkan lantai kayu dengan menyapunya atau membersihkannya dengan alat penyedot debu. Setelahnya, pel lantai kayu dengan pembersih lantai khusus yang tak akan membikin lantai kayu menjadi lapuk. Jangan lupakan pula untuk mengeringkan lantai kayu yang telah dipel. Selain tersebut untuk menghindari pelapukan kayu yang akan terjadi karena lantai yang lembab.

Kecuali itu, untuk menjaga keindahan lantai kayu, ada bagusnya jika kita menggunakan karpet dan alas kaki yang tidak terlalu keras. Ketukan heels pada lantai kayu dapat membikin goresan pada lantai yang akan mengurangi keindahannya. Akan lebih bagus sekiranya ujung kaki furnitur dilapisi karet supaya tak merusak estetika lantai kayu.
Sign In or Register to comment.